Budiman Sudjatmiko Kritik Menhan Prabowo Subianto: Bangun Industri Pertahanan Harus dengan Kemandirian

- Rabu, 22 Maret 2023 | 11:32 WIB
Budiman Sudjatmiko Kritik Menhan Prabowo Subianto: Bangun Industri Pertahanan Harus dengan Kemandirian (Kemenhan RI, Prabowo Subianto, Budiman Sudjatmiko)
Budiman Sudjatmiko Kritik Menhan Prabowo Subianto: Bangun Industri Pertahanan Harus dengan Kemandirian (Kemenhan RI, Prabowo Subianto, Budiman Sudjatmiko)

hariankami.com - Rabu, 22 Maret 2023. Berdasarkan dokumen Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal Tahun 2021 yang bertajuk Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi,

Menteri Pertahanan (Menhan) Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto mengajukan anggaran sebesar Rp 129,3 triliun di tahun anggaran 2021.

Anggaran yang diajukan oleh Menhan Prabowo Subianto itu untuk mencapai target pembangunan di bidang pertahanan.

Dari total anggaran Rp 129,3 triliun, anggaran alokasi rupiah murni yang diajukan mencapai Rp 113,1 triliun

Sebagian dilokasikan untuk penyelesaian proyek/kegiatan yang ditunda/terhambat akibat adanya pandemi Covid-19 di tahun anggaran 2020.

Baca Juga: Suami Krisdayanti, Raul Lemos Harus Balikin Uang yang Ternyata hasil Korupsi Pengadaan Alutsista TNI AD

Pengadaan Alutsista

Dalam dokumen menyebut sasaran output strategis Kemenhan pada 2021, salah satunya dukungan pengadaan alat utama sistem senjata TNI (alutsista) sebanyak lima paket.

Pengadaan munisi kaliber kecil sebanyak 1 paket, dukungan pengadaan atau penggantian kendaraan tempur sebanyak 12 unit, hingga KRI, KAL, Alpung dan Ranpur/Rantis Matra Laut sebanyak 14 unit.

"Dukungan pengadaan/penggantian pesawat udara dan lainnya sebanyak 4 unit," tulis dokumen tersebut.

Baca Juga: 2 Alutsista Kapal Penyapu Ranjau Tercanggih MCMV MHV 60 Segera akan Dimiliki TNI AL

Tanggapan Pakar Militer

Sebagai pakar militer dan pertahanan, Connie Rahakundini Bakrie mengklaim bahwa dirinya  ingin melihat adanya revolusi sistem TNI yang lebih integrasi terlebihdahulu sebagai Primus Interpares Kemenhan di balik besarnya anggaran Rp 129,3 triliun di tahun anggaran 2021.

Melansir dari CNBC Indonesia, Minggu (5/7/2020),  Connie menyebut,  setelah terintegrasi, prioritas selanjutnya adalah melakukan perawatan dan midlife process pada alutsista yang ada. Setelah itu, Connie mendorong operasionalnya menopang sesuai dengan kemampuan negara, baru setelah itu baru rencana dengan keintegrasian.

Halaman:

Editor: Yul Adriansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X