• Senin, 5 Desember 2022

Presiden Jokowi Ungkap Hasil Kesepakatan Bersama para Delegasi KTT G20 di Bali Tersusun dalam 52 Paragraf

- Kamis, 17 November 2022 | 07:20 WIB
Presiden Jokowi Ungkap Hasil Kesepakatan Bersama para Delegasi KTT G20 di Bali Tersusun dalam 52 Paragraf (Kolase foto presidenri.go.id)
Presiden Jokowi Ungkap Hasil Kesepakatan Bersama para Delegasi KTT G20 di Bali Tersusun dalam 52 Paragraf (Kolase foto presidenri.go.id)


HARIAN KAMI - Kamis, 17 November 2022.
Meski pada awalnya diragukan banyak pihak,  faktanya kepemimpinan Indonesia pada Presidensi G20 di Bali telah berhasil menghasilkan Deklarasi Pemimpin G20 Bali.

Presiden Joko Widodo dengan didampingi 2 Srikandi Indonesia, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada jumpa pers usai menutup KTT G20,  memberikan keterangan dihadapan para jurnalis, kepemimpinan Indonesia telah menghasilkan deklarasi 52 paragraf.

Tidak mudah menyusun deklarasi 52 paragraf itu, karena untuk menyikapan perang di Ukraina hal tersebut merupakan hal yang paling alot diperdebatkan.

Akhirnya, para pemimpin negara-negara yang tergabung di G20 menyepakati isi deklarasi menghasilkan 52 paragraf  yaitu condemnation perang di Ukraina karena telah melanggar batas wilayah.

Baca Juga: Presiden Jokowi Menyerahkan Tampuk Presidensi G20 Kepada PM India Narendra Modi

Perang di Ukraina lah yang telah mengakibatkan  penderitaan masyarakat dan memperberat ekonomi global, hingga detik ini masih rapuh,  ditambah akibat pandemi COVID-19 yang menimbulkan krisis pangan, krisis energi, dan potensi krisis finansial berkepanjangan.

Di samping itu, dihasilkan juga komitmen bersama yakni setidaknya 30 persen dari daratan dunia dan 30 persen lautan dunia dilindungi di tahun 2030.

Ini melanjutkan komitmen mengurangi degradasi tanah sampai 50 persen tahun 2040 secara sukarela.

Tak lupa Presiden Jokowi memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua kepala negara, yang telah hadir dan telah memberikan fleksibilitasnya hingga 52 paragraf dalam  deklarasi KTT  G20 Bali dapat disahkan.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Menjamu Santap Malam para Undangan & Pemimpin G20 di GWK, Bali

Halaman:

Editor: Yul Adriansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ganjar Unggah Foto Berambut Hitam Viral

Senin, 28 November 2022 | 09:03 WIB

Akun Facebook Soimah Berbagi Berkah, Impostor Content

Senin, 28 November 2022 | 07:25 WIB
X