• Minggu, 5 Februari 2023

Cek Fakta: Patung Jatuhnya Malaikat Pemberontak Karya Agostino Fasolato Terinspirasi Lukisan Pieter Bruegel

- Selasa, 24 Januari 2023 | 07:34 WIB
Patung Jatuhnya Malaikat Pemberontak Karya Agostino Fasolato Terinspirasi Lukisan Pieter Bruegel  (Wikipedia dan berbagai sumber autentik terpercaya)
Patung Jatuhnya Malaikat Pemberontak Karya Agostino Fasolato Terinspirasi Lukisan Pieter Bruegel (Wikipedia dan berbagai sumber autentik terpercaya)

HARIAN KAMI - Selasa, 24 Januari 2023.
Kemegahan sebuah karya patung terbuat dari marmer Carrara (1747): The Fall of the Rebel Angels (Jatuhnya malaikat pemberontak) karya seniman, Agostino Fasolato kelahiran  Italian (1714 - 1787).

Karya yang kini menjadi pembicaraan karena tingkat kerumitan membuatnya, bahkan banyak yang menduga tak mungkin karya sangat luar biasa itu dibuat oleh manusia, ada yang mengatakan dibuat oleh Allien, namun sejarah sudah mencatat pada tahun 1747 patung tersebut dibuat oleh Agostino Fasolato, dengan memahat, mengukirnya dengan kehati-hatian yang sangat tinggi.

Patung  mahakarya maestro pematung dari Venesia Italia itu kini masih tersimpan di Vicenza, di kompleks museum Intesa San Paolo, di Gallerie d'Italia di Palazzo Leoni Montanari.

Kemegahannya begitu indah menggambarkan pemberontakan ke 60 sosok malaikat terjatuh dari langit.

Agostino Fasolato membuatnya terinspirasi dari lukisan The Fall of the Rebel Angels adalah karya seni lukisan cat minyak di atas panel yang dilukis pada tahun 1562 oleh seniman Renaisans Belanda terkenal bernama  Pieter Bruegel the Elder (Penatua).

Sekedar catatan, Penatua adalah sebutan, jabatan gerejawi yang ada di sebuah gereja.

Kata Penatua sendiri berasal dari bahasa Yunani presbyteros yang berarti seorang yang dituakan, yang berpikir matang atau lebih tepatnya sesepuh.

Baca Juga: Aksi Pembakaran Al Qur'an Protes Kelompok Garis Keras di Swedia Terhadap Turki Bealiansi dengan Militer NATO

Hingga kini karya lukisan  Pieter Bruegel  itu menjadikan karya paling terkenal dari karya pelukis terkenal pula pada abad yang sama yakni, Frans Floris  the Elder (Penatua), yang juga merupakan salah satu seniman terkemuka Belanda yang hidup di abad keenam belas.

Halaman:

Editor: Yul Adriansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Memahami Tanda-tanda Awal sebelum Terjadi Gempa Bumi

Selasa, 17 Januari 2023 | 12:31 WIB
X