• Minggu, 22 Mei 2022

Pria Pelaku Aksi Intoleran Buang dan Tendang Sesajen di Lokasi Erupsi Gunung Semeru Masih Berstatus DPO

- Senin, 10 Januari 2022 | 12:39 WIB
Inilah pria pelaku aksi intoleran buang dan tendang sesajen di lokasi Erupsi Gunung Semeru masih berstatus DPO (Tangkapan layar video hariankami.com)
Inilah pria pelaku aksi intoleran buang dan tendang sesajen di lokasi Erupsi Gunung Semeru masih berstatus DPO (Tangkapan layar video hariankami.com)

HARIAN KAMI - 10 Januari 2022. Video berdurasi 20 detik memvisualisasikan aksi seorang pria berpeci membuang dan menendang sesajen ke arah jurang terjadi di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kabupaten Lumajang.

Pelaku seorang pria berjenggot mengenakan jubah warna abu-abu, rompi hitam dengan logo bendera merah putih, melakukan aksi membuang dan menendang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru banyak kecaman dari warganet.

Kejadian intoleran di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru membuat warganet geram atas tindakannya, pasalnya bahwa pria berpeci tersebut tak hanya melempar sesaji tersebut, dia juga menendangnya sambil melontarkan kata-kata makian menistakan tradisi leluhur nenek moyang Indonesia yang sangat dikenal sesajen atau sesembahan berupa makanan, yang sengaja diletakkan di lokasi bencana.

Baca Juga: Zen Assegaf Alias Habib Kribo: Saya Menghadapi Orang-orang Brutal, Harus Lembut ?

Perbuatan pria tersebut dinilai tidak menghormati keyakinan beragama di Republik Indonesia (RI) yang sangat di lindungi oleh dasar negara RI pasal 1 yakni Pancasila dan Undang-Undang Dasar 45.

Aksi membuang dan menendang sesajen oleh pelaku intoleran di lokasi Erupsi Gunung Semeru masih berstatus DPO (Tangkapan layar video hariankami.com)

Aksi pria tersebut jelas-jelas dinilai telah mencederai kerukunan antar umat beragama setempat, mencederai nilai-nilai toleransi di Indonesia. Membuat banyak warganet yang kecewa dan marah setelah melihat tayangan video itu.

Tradisi sesajen atau tradisi ruwatan sering dilakukan oleh warga masyarakat Indonesia semenjak zamannya nenek moyang Nusantara yang telah mendahului hingga dilakukan oleh generasi sekarang.

Baca Juga: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo: Pertahankan Sekuat-kuatnya Tameng Sekaligus Senjata Pamungkas Yaitu Pancasila

Sesajen merupakan ritual keyakinan yang sering dilakukan warga di pulau Jawa khususnya, Indonesia pada umumnya untuk memohon keselamatan.

Halaman:

Editor: Yul Adriansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X