• Sabtu, 30 September 2023

HATI HATI : Jerat Muslihat Robot Trading

- Selasa, 15 Maret 2022 | 20:26 WIB
keberadaan Viral Blast Global. Ironinya, perusahaan ini sekarang sudah dinyatakan ilegal oleh Bappeti dan juga OJK. (mediakita.co - Bareskrim Polri)
keberadaan Viral Blast Global. Ironinya, perusahaan ini sekarang sudah dinyatakan ilegal oleh Bappeti dan juga OJK. (mediakita.co - Bareskrim Polri)

HARIAN KAMI - Selasa, 15 Maret 2022
“Mulai dari Influencer hingga pejabat negara terlibat dalam promosi aktivitas ilegal Robot Trading. Genderang perang sudah dikumandangkan oleh pemerintah, ribuan situs diblokir, menyusul itu ratusan robot trading ikut diamankan. Oknum penggelapan uang kocar-kacir. Takut terkena bombardir, perusahaan robot trading bentangkan bendera putih”.

Tanpa disadari, belakangan ini kerap sekali muncul iklan yang mempromosikan sebuah bisnis investasi online. Promosi itu terlihat di beranda media sosial, ada juga yang tiba-tiba muncul saat kita tengah menikmati sebuah tayangan di Youtube.

Tak jarang, promosi yang menyajikan fantasi bergelimang harta itu juga disampaikan oleh sejumlah influencer ternama.

Baca Juga: Rudy Salim Mangkir dari Pemeriksaan Bareskrim Polri Terkait Indra Kenz yang Beli Mobil Ferari di Show Roomnya

Ingatkah anda, sobat Kuat dengan iklan tersebut? Ya, itu adalah konten berisi ajakan untuk investasi trading online. Iklan yang bagi siapa saja melihatnya langsung tergiur untuk mendapatkan harta berlimpah dengan cara singkat.

Hanya dengan cara memilih membeli atau menjual saham dalam waktu tertentu, seseorang bisa melipatgandakan investasinya. Sistem itu dikenal sebagai Robot Trading.

Mengutip Investopedia, robot trading atau automated trading system adalah sistem perdagangan otomatis, juga disebut sebagai sistem perdagangan mekanis, perdagangan algoritma, yang memungkinkan trader menetapkan aturan khusus untuk masuk dan keluar perdagangan yang setelah diprogram bisa dieksekusi secara otomatis melalui komputer.

Baca Juga: Tersangka Teroris PNS Pemkab Tangerang Inisial TO Ditangkap Densus 88 Anti Teror Selasa Pagi 15 Maret 2022

Selanjutnya ada juga sistem yang dikenal binary option (Binomo) atau opsi biner. Sistem ini berbentuk money games atau praktik perjudian yang dibungkus dengan rapih. Bahkan di Britania Raya opsi binari tidak diregulasi oleh OJK-nya UK yakni Financial Conduct Authority (FCA) akan tetapi malah diregulasi oleh komisi perjudian UK (Gambling Commission).

Platform Binary Option Quotex tidak hanya Binomo, ada banyak platform lain yang juga beroperasi secara ilegal di Indonesia. Perlu untuk dicermati apabila perusahaan menawarkan opsi biner tersebut atau 'investasi' yang ditawarkan berupa tebak-tebakan dengan pilihan harga akan naik atau turun, maka hampir dapat dipastikan praktik tersebut bukan investasi.

Hidup bermewah-mewah tanpa harus bersusah payah nyatanya hanya ada di iklan saja. Sistem dengan menggunakan robot trading dan binary option ini ternyata tak lebih dari modus penipuan saja. Alih-alih mempermudah pengguna, sistem ini justru malah dijadikan medium penjarahan.

Baca Juga: Disita Mobil Rumah Mewah, Moge Milik Doni Salmanan Tersangka Penipuan Investasi Binary Option Platform Quotex

Fisiharto (46) sengaja meluangkan waktunya untuk mendatangi gedung Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan pada Rabu (20/10/2021). Dirinya melaporkan perusahaan trading robot crypto Mark AI lantaran telah merasa ditipu. Total kerugian yang ia alami mencapai Rp 128 juta.

"Grup saya ada 120 orang, total investasi Rp 700 juta. Paling tinggi di grup saya ada yang sampai tanam USD14.000 atau setara Rp 217 juta," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (20/10/2021).

Halaman:

Editor: Yul Adriansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X