• Sabtu, 8 Oktober 2022

Surya Darmadi (Apeng) Rekor Korupsi RI Terbesar Gondol Rp 78 Trilliun Suap Pengajuan Revisi Alih Fungsi Hutan

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:09 WIB
Surya Darmadi (Apeng) koruptor yang mencatat Rekor Korupsi RI Terbesar Gondol Rp 78 Trilliun Suap Pengajuan Revisi Alih Fungsi Hutan di Riau (APINDO)
Surya Darmadi (Apeng) koruptor yang mencatat Rekor Korupsi RI Terbesar Gondol Rp 78 Trilliun Suap Pengajuan Revisi Alih Fungsi Hutan di Riau (APINDO)


HARIAN KAMI - Kamis, 4 Agustus 2022. Surya Darmadi yang akrab disapa Apeng menurut versi majalah Forbes merupakan orang terkaya ke-28 di Indonesia pada 2018.

Apeng diduga telah melakukan perbuatan melawan hukum dalam kasus korupsi yang dilakukan olehnya terbilang terbesar dalam catatan sejarah korupsi di Indonesia.

Apeng telah dinyatakan sebagai buronan internasional (Interpol) di sistem Red Notice Interpol sejak 13 Agustus 2020.⁣

Baca Juga: 113 Jiwa Diungsikan Tetiba Tanah Longsor di Dusun Simpang Tiga Enok Indragiri Hilir 16 Rumah Warga Rusak Berat

Jaksa Agung ST Burhanuddin menyatakan, "Kerugian yang dialami negara akibat dugaan
korupsi yang dilakukan Surya Darmadi beserta mantan Bupati Indragiri Hulu (Inhu) periode 1999-2008, Raja Thamsir Rachman, diperkirakan mencapai Rp 78 triliun, " ujarnya di hadapan para awak media.

Apabila terbukti di pengadilan, nilai korupsi yang dilakukan  Apeng sebesar itu tentunya sejarah korupsi di Indonesia mencatatnya sebagai yang terbesar di Indonesia.

Keduanya telah ditetapkan  jadi tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang dalam kegiatan pelaksanaan perkebunan kelapa sawit yang dilakukan oleh PT Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu.

Baca Juga: 2 Korban Tertimpa Besi Beton Rakitan Pada Proyek Jembatan Bojong Leles Meninggal Dunia, Faktanya Terselamatkan

“Dalam tindak pidana korupsi, ditetapkan 2 (dua) orang tersangka, yaitu RTR dan SD,” kata Jaksa Agung ST Burhanuddin, di hadapan para wartawan, Senin (1/8/2022).

ST Burhanuddin menjelaskan, "Pada tahun 2003, Apeng melakukan kesepakatan dengan RTR untuk mempermudah dan memuluskan perizinan kegiatan usaha budidaya perkebunan kelapa sawit dan kegiatan usaha pengolahan kelapa sawit," paparnya.

Halaman:

Editor: Yul Adriansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X