• Minggu, 5 Februari 2023

Yoory CP eks Dirut BUMD DKI dan Anja Runtuwene Ditahan Kasus Korupsi Lahan Rumah DP 0 Rp, KPK Periksa 4 Saksi

- Sabtu, 14 Januari 2023 | 15:16 WIB
Yoory Corneles Pinontoan eks Dirut BUMD DKI Jakarta (kolase foto-foto Pemprov DKI Jakarta, tribunnews.com, medsos viral)
Yoory Corneles Pinontoan eks Dirut BUMD DKI Jakarta (kolase foto-foto Pemprov DKI Jakarta, tribunnews.com, medsos viral)


HARIAN KAMI - Sabtu, 14 Januari 2023
Mantan Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya DKI Jakarta Yoory Corneles Pinontoan ditetapkan KPK lagi sebagai tersangka dalam kasus pengadaan lahan di tahun anggaran 2018 - 2019.

Yoory Corneles Pinontoan ditetapkan tersangka pada kasus dugaan korupsi  pembelian tanah di Ujung Menteng seluas 4,2 hektare dengan PT Laguna Alamabadi, untuk Program Rumah DP 0 Rupiah, sehingga dalam kasus ini, kerugian negara diduga hingga mencapai Rp 115 miliar.

Sebelumnya, Yoory Corneles Pinontoan telah divonis pidana penjara selama 6,5 tahun penjara terkait kasus pengadaan lahan di Munjul, Jakarta Timur untuk program rumah DP 0 Rupiah yang diusut KPK, dan denda Rp500 juta subsidair 6 bulan kurungan oleh Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat.

Ia dinilai telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut terkait pengadaan tanah di Munjul, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur. Tanah itu terkait dengan program rumah DP 0 Rupiah.

Baca Juga: Polri Dalami Keterlibatan Lukas Enembe dengan Anton Gobay Pemasok Senjata OPM/KKB Papua dari Filipina Selatan

KPK pun menahan Mantan Direktur Utama Sarana Jaya  tersebut. Sedangkan 3 calon tersangka lainnya  dalam kasus  yang sama, KPK kini tengah memeriksa 4 orang saksi.

Dari 4 orang yang diperiksa KPK yakni Wakil Kepala BPKD DKI Jakarta Lusiana Herawati dan Badan Pembina BUMD DKI Jakarta Riyadi diperiksa sebagai saksi.

Saksi yang kedua saksi dari BPKD dan Pembina BUMN, saksi lain yang diperiksa dalam kasus ini yakni Yadi Robby yang merupakan Senior Manajer Divisi Pertanahan dan Hukum Perumda Pembangunan Sarana Jaya dan Darzenalia Azli dari pihak swata.

Sehari sebelumnya KPK menahan tersangka baru kasus pengadahan lahan proyek DP 0 Rupiah di Munjul, Jakarta Timur.

Tersangka Anja Runtuwene menambah daftar nama tersangka yang juga melibatkan Perumda Pembangunan Sarana Jaya.

Halaman:

Editor: Yul Adriansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ismail Bolong seret nama Kabareskrim Agus Andrianto

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:00 WIB
X