• Rabu, 8 Desember 2021

Jembatan Kaca Seruni Point Sukapura Akan Menguji Adrenalin Anda di kawasan wisata Bromo - Tengger - Semeru

- Senin, 22 November 2021 | 12:38 WIB
Maket jembatan kaca Seruni Point Bromo (Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR)
Maket jembatan kaca Seruni Point Bromo (Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR)

 

HARIAN KAMI  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama Pemkab Probolinggo akan membangun jembatan kaca  di Seruni Point Sukapura,  yang membentang sepanjang 150 meter, melewati juram sedalam 80 meter.

Pembangunan tersebut untuk pengembangan  kawasan wisata  Bromo - Tengger - Semeru kawasan yang telah ditetapkan Pemerintah berdasarkan Peraturan Presiden no 56/2018  sebagai salah satu KSPN prioritas atau 10 Bali baru yang dikembangkan oleh Pemerintah.

Pembangunan jembatan kaca tersebut hingga kini masih  terhambat  oleh pembayaran lahan milik warga setempat, Pemkab Probolinggo harus membebaskan lahan sekitar 2.400 meter persegi.

Biaya pembangunan jembatan dialokasikan pada anggaran tahun 2021 dan 2022. Penggarapannya tinggal menunggu Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Jembatan kaca  SeruniPoin membentang diantara  lahan  disisi timur seluas 599 meter persegi dengan  lahan disisi barat adalah lahan seluas 2.4000 meter persegi milik warga,

Pembangunan jembatan kaca harus  berkualitas menjamin keamanan para penggunanya.

Jembatan kaca terpanjang di Indonesia walaupun bukan yang pertama. Seruni Point didesain khusus sebagai jembatan gantung yang memiliki kabel gantung (suspended cable).

Lantai kaca memiliki lebar 1.8 meter dan 3 meter, material kaca berlapis SGP. (Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR)

Halaman:

Editor: Yul Adriansyah

Tags

Terkini

Suhardi Alius Bangun Masjid di kawasan Lubuk Selasih

Senin, 8 November 2021 | 09:12 WIB
X