Saresehan Dengan Tema Bersatu Mewujudkan Indonesia Emas 2045, Terkait Milad ESQ ke 22?

- Senin, 16 Mei 2022 | 14:23 WIB
HARIANKAMI.com -- Milad ESQ Ke-22 digelar pada tanggal 16 Mei 2022 secara offline di Menara 165.
 
 
 
Acara didahului pelantikan 23 Korwil dari 23 Provinsi dari seluruh Indonesia. Dilanjutkan saresehan dengan Tema Bersatu Mewujudkan Indonesia Emas 2045.
 
Hari tersebut, bertepatan dengan 15 Syawal 1443 Hijriyah. Kegiatan ini menjadi momentum silaturahmi, setelah dipisahkan oleh pandemi selama dua tahun dan melewati bulan suci Ramadhan. 
 
ESQ Leadership Center telah membentangkan sayapnya, membawa kapal besar berlayar selama 22 tahun (16 Mei 2000 – 16 Mei 2022) yang dinakhodai oleh Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group).
 
Selama 22 tahun ESQ tetap konsisten menjaga netralitas dan berkomitmen menjadi oksigen bagi bangsa Indonesia. Para tokoh yang diundang adalah para pendukung, alumni, dan juga keluarga besar ESQ.
 
Di hari jadi ESQ mengundang Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI), Erick Thohir (Menteri BUMN), Suhadjar Diantoro (Sekjen Kemendagri RI), Nurul Gufron (Wakil Ketua KPK RI) dan Arief Sulistyanto (Kabarhakam Polri).
 
Hadir pula Boy Rafli Amar (Kepala BNPT), Mulyo Aji (Sekjen Kemenkopolhukam), Ade Supandi (KSAL tahun 2014 - 2018), Nanan Soekarna (Wakapolri tahun 2011 - 2013), K.H. Muhammad Cholil Nafis (Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI), Prof. Unifah (Ketua PGRI), dll.
 
 
Ary Ginanjar selaku Ketua Umum Forum Alumni ESQ telah mengundang pula para tokoh nasional lainnya seperti Menparekraf Sandiaga Uno serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil namun berhalangan hadir juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan namun sedang berada di luar negeri. 
 
"Setelah sholat, saya selalu mendoakan semua alumni ESQ yang masih hidup serta yang sudah meninggal dunia. Karena saya berharap, kelak kita dapat bertemu lagi di belakang Nabi Muhammad berbarengan dengan semua alumni ESQ," papar Ary dengan mengenakan batik.
 
Saat ini Alumni ESQ sudah lebih dari 1,8 juta orang dari berbagai penjuru dunia, yang turut serta wujudkan visi serta misi menuju peradaban Indonesia Emas 2045. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung kali ini yaitu “Bersatu Mewujudkan Indonesia Emas.”
 
Acara didahului pelantikan 23 Korwil dari 23 Provinsi dari seluruh Indonesia. Dilanjutkan saresehan dengan Tema Bersatu Mewujudkan Indonesia Emas 2045.
 
I Made Dana Tangkas (Sekertaris Jendral FKA ESQ) memaparkan sambutannya, "Akhirnya kita bisa bertatap muka di acara milad ESQ setelah pandemi selama 2 tahun ini. Digelarnya sarasehan pagi ini saya berharap kepada kurang lebih 100 orang yang hadir di sini untuk berdiskusi menuangkan ide-ide barunya."
 
Ia juga berharap, "Semoga acara kita hari ini diberkahi dan di ridhoi oleh Allah. Mari kita bangun negeri tercinta ini dan wujudkan Indonesia emas sesuai tema hari ini yaitu bersatu mewujudkan Indonesia emas."
 
 
Nanan Soekarna juga menyampaikan bahwa di acara puncak Milad ESQ akan diadakan pembacaan naskah ikrar prasetya pelantikan FKA ESQ.
 
Untuk menyatukan semua alumni yang mendukung cita-cita Indonesia Emas, ESQ saat ini sudah menyiapkan platform digital ESQ.Net. Platform ini berupa super aps ini yang menggabungkan SDM, e-commerce, dan sosial media, yang selama ini terpisah.
 
“ESQ sejak awal yakin dan percaya pada Visi Indonesia Emas yang kemudian menyebar di kalangan alumni, hingga kini menjadi cita-cita bangsa yang dicanangkan oleh Bappenas dan digaungkan oleh semua pihak baik itu akademisi, politisi, pelaku bisnis dan lainnya,“ papar Ary Ginanjar. 
 
Tokoh motivator Indonesia itu menambahkan, “Tahapannya yaitu Indonesia Emas Berkarakter 2020, Indonesia Emas Sejahtera 2030, Indonesia Emas Adi Daya 2045. Dan dalam momentum Milad ESQ ke-22, ESQ yakin percaya akan visi Indonesia Atap Dunia 2085.” 
 
 
"Tonggak pertama Indonesia Emas Berkarakter saat nilai-nilai Ber-AKHLAK dijadikan Core Values atau Panduan Moral bagi ASN serta seluruh BUMN. ESQ mendukung hal tersebut di atas dengan mencanangkan Alumni ESQ BERAKHLAK 7 Budi Utama,” lanjutnya.
 
Menurut Ary, saat ini bukan kebetulan Ber-AKHLAK sudah menjadi core values atau panduan moral di seluruh BUMN, ASN, juga Bapenas. Nilai-nilai Ber-AKHLAK sangat sejalan visi 2020 Indonesia Emas Berkarakter.
 
“ESQ mendukung core values Ber-AKHLAK dengan mencanangkan Alumni ESQ BERAKHLAK 7 Budi Utama. Menara 165 adalah simbol kebangkitan Indonesia Emas, yang akan menjadi monumen bagi kemajuan Indonesia,” lanjutnya.
 
Ary Ginanjar menyampaikan bahwa saat ini sedang menyiapkan kader untuk mencapai Visi Indonesia Emas. 
 
“ESQ sudah menyiapkan kader pemimpin masa depan yang akan mengawal cita-cita Indonesia Emas, melalui ESQ Business School dan kelak sebagai Universitas. Para calon pemimpin dididik secara formal selama 4 tahun dengan mengkombinasikan IQ EQ dan SQ atau dengan kata lain yaitu kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.”
 
Acara ini juga disponsori oleh PARAGONCORP  dan Bank Syariah Indonesia.
 
 
 
 
 
 

Editor: Redaksi Kami

Terkini

Asri Hadi Dapat Kejutan Besar, repost Editor.id

Kamis, 25 Mei 2023 | 22:56 WIB
X