• Sabtu, 8 Oktober 2022

Tokoh Yang Berusaha Mendamaikan Rusia dan Ukraina, Klik ini 

- Senin, 11 Juli 2022 | 14:20 WIB

 

  • HARIANKAMI.com -- Tokoh Yang Berusaha Mendamaikan Rusia dan Ukraina. Klik ini.

Melihat dampak invasi Rusia ke Ukraina, beberapa tokoh pun berusaha mendamaikan Rusia dan Ukraina.


1. Presiden Indonesia Joko Widodo

Membawa misi perdamaian, Presiden Indonesia Joko Widodo menemui Presiden Ukraina Volodymr Zelensky di Kiev serta Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Dengan pengawalan yang ketat, Jokowi mengunjungi kedua negara yang hingga kini masih bertikai itu.

Ketika pertemuan di Kiev pada 29 Juni 2022, Jokowi menyampaikan pesan dari Zelensky kepada Putin untuk mencoba meningkatkan harapan perdamaian. Setelah dari Kiev, Jokowi bertolak ke Moskow untuk menemui Putin. Ketika sudah bertemu Putin, Jokowi menyampaikan kesiapannya menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut.

2. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

Pada 29 Maret 2022, Turki menjadi tuan rumah pembicaraan damai antara Rusia dan Ukraina. Panggilan telepon sudah dilakukan Erdogan dan Putin. Putin menyetujui pertemuan dari delegasi Rusia dan Ukraina diadakan di Istanbul.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Erdogan menggarisbawahi perlunya membangun gencatan senjata dan perdamaian antara Rusia dan Ukraina segera mungkin, serta meningkatkan situasi kemanusiaan di kawasan negara yang berkonflik. Erdogan juga menyatakan, Turki akan terus berkontribusi dalam segala cara.

 3. Sekjen PBB Antonio Guterres

Halaman:

Editor: Redaksi Kami

Tags

Terkini

Kasal Laksamana Yudo Sambangi Rumah Prajurit

Sabtu, 17 September 2022 | 19:17 WIB
X