• Minggu, 22 Mei 2022

Gunung Berapi Bawah Laut di Tonga Erupsi, Negara Maupun Pulau di Sekitar Pasifik Selatan Keluarkan Peringatan

- Minggu, 16 Januari 2022 | 13:14 WIB
Gunung Berapi di bawah laut Tonga terjadi erupsi membuat negara-negara pulau di kawasan Pasifik Selatan mengeluarkan peringatan tsunami.   Letusan terjadi pada Sabtu pukul 04.10 GMT (11.00 WIB) di gunung berapi bawah laut, Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, yang berada sekitar 65 kilometer sebelah utara Nuku'alofa dan menimbulkan tsunami dengan ketinggian 1,2 meter. (Instagram/ reader. gr)
Gunung Berapi di bawah laut Tonga terjadi erupsi membuat negara-negara pulau di kawasan Pasifik Selatan mengeluarkan peringatan tsunami.  Letusan terjadi pada Sabtu pukul 04.10 GMT (11.00 WIB) di gunung berapi bawah laut, Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, yang berada sekitar 65 kilometer sebelah utara Nuku'alofa dan menimbulkan tsunami dengan ketinggian 1,2 meter. (Instagram/ reader. gr)

 

HARIAN KAMI - Minggu, 16 Januari 2022, Gunung Berapi di bawah laut Tonga terjadi erupsi membuat negara-negara pulau di kawasan Pasifik Selatan mengeluarkan peringatan tsunami. 

Letusan terjadi pada Sabtu pukul 04.10 GMT (11.00 WIB) di gunung berapi bawah laut, Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, yang berada sekitar 65 kilometer sebelah utara Nuku'alofa dan menimbulkan tsunami dengan ketinggian 1,2 meter.

Melansir Badan Meteorologi Australia
Badan tersebut mengatakan pihaknya terus memantau keadaan namun tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan pada daratan, pulau-pulau, dan wilayah Australia.

Baca Juga: Berikut Harga Telur Ayam Ras Hari Ini 15 Januari 2022 Beberapa Kota di Indonesia

Banyak Foto-foto yang beredar di media sosial memperlihatkan ganasnya gelombang air laut menghantam rumah-rumah penduduk di Negara-negara maupun Pulau-pulau  sekitar Pasifik Selatan

Satelit pun mengabadikan peristiwa langka tersebut

Tsunami setinggi kurang lebih 83 sentimeter terdeteksi oleh alat pengukur di Nuku'alofa dan gelombang air laut setinggi sekitar 61 sentimeter terdeteksi di Pago Pago, ibu kota Samoa Amerika, kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

Satelit pun mengabadikan peristiwa langka tersebut Tsunami setinggi kurang lebih 83 sentimeter terdeteksi oleh alat pengukur di Nuku'alofa dan gelombang air laut setinggi sekitar 61 sentimeter terdeteksi di Pago Pago, ibu kota Samoa Amerika, kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.Letusan terjadi pada Sabtu pukul 04.10 GMT (11.00 WIB). (Instagram/ajcdennis)

Lembaga pemantau tsunami yang berpusat di AS itu kemudian mencabut peringatan tersebut pada Samoa Amerika, yang merupakan wilayah AS.

Halaman:

Editor: Yul Adriansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X