• Senin, 8 Agustus 2022

Pertama Kalinya Pesawat Luar Angkasa NASA Melintasi Atmosfer Matahari di Suhu 1.370 Derajat Celcius

- Rabu, 15 Desember 2021 | 10:17 WIB
Parker Solar Probe pesawat ruang angkasa milik NASA yang diluncurkan 2018 telah mencatat sejarah antariksa.  Pesawat tersebut menukik mendekati dan mengelilingi atmosfer  Matahari sebanyak 24 kali dengan berputar-putar semakin mendekat ke permukaannya.  (foto/ NASA/Johns Hopkins APL)
Parker Solar Probe pesawat ruang angkasa milik NASA yang diluncurkan 2018 telah mencatat sejarah antariksa. Pesawat tersebut menukik mendekati dan mengelilingi atmosfer Matahari sebanyak 24 kali dengan berputar-putar semakin mendekat ke permukaannya. (foto/ NASA/Johns Hopkins APL)

HARIAN KAMI - 15 Desember 2021. Untuk pertama kalinya dalam sejarah antariksa, sebuah pesawat ruang angkasa telah berhasil melintasi atmosfer  MatahariMatahari seperti diungkapkan NASA  pada akun Instagram/@nasa.

Atmosfer Matahari merupakan titik dimana medan magnet maupun gravitasinya cukup kuat untuk menghentikan material surya.

Pesawat luar angkasa bernama Parker Solar Probe milik NASA yang diluncurkan 2018 telah mencatat sejarah antariksa.  Pesawat tersebut menukik mendekati dan mengelilingi atmosfer  Matahari sebanyak 24 kali dengan berputar-putar semakin mendekat ke permukaannya.

Baca Juga: Tanam Bawang dengan Petani, Presiden Jokowi Harap Produktivitas dan Pendapatan Petani Meningkat

Parker Solar Probe saat ini masih berputar-putar mengelilingi Matahari  di atmosfer bagian atasnya mengambil sampel partikel maupun medan magnet Matahari tersebut.

Kesuksesannya  mendekati Matahari sebenarnya sudah  lama dinanti-nantikan para ilmuwan antariksa,  dan pesawat tersebut  sudah terbukti pernah mendekati  titik korona pada bulan April 2021 lalu, namun baru diumumkan pada 14 Desember 2021.

Kesuksesan pesawat Parker Solar Probe mendekati Matahari sudah tercatat dalam sejarah  misi pesawat ruang angkasa  diluncurkan dari Bumi mendekati  Matahari, karena belum ada pesawat ruang angkasa selainnya.

Baca Juga: Dengarkan Keluhan Petani Bawang, Presiden Jokowi Telepon Menteri Perdagangan Soal Impor Bawang

Tercatat Pesawat luar angkasa Parker Solar Probe tersebut pertama kalinya melintasi atmosfer Matahari pada pukul 09:33 Waktu Universal pada 28 April 2021.

Halaman:

Editor: Yul Adriansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penampilan Mengejutkan Coachella 2022, Ada 2NE1!

Senin, 18 April 2022 | 10:15 WIB

Range Rover Velar First Edition

Sabtu, 5 Februari 2022 | 23:38 WIB

Catatan Awal Tahun, Agar Tetap Sehat Di Masa Tua

Selasa, 4 Januari 2022 | 15:29 WIB
X