• Rabu, 8 Desember 2021

PWI: Pajak Karbon, Carbon Tax Harus Jelas Dulu Dananya Buat Apa?

- Selasa, 23 November 2021 | 19:52 WIB
Carbon Tax
Carbon Tax

 

Beritasenator.com -- Pajak Karbon, Carbon Tax Harus Jelas Dulu Dananya Buat Apa

Pemerintah harus melakukan transisi yang tepat agar pengenaan pajak karbon tetap konsisten dengan momentum pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Public Watch Integrity (PWI) merespon pajak karbon di Indonesia. "Harus memperhatikan iklim berusaha dan masyarakat kecil. Jangan sampai, barang pasok dari industri jadi naik," demikian rilisnya.

Pemerintah hingga saat ini belum mensosialisasikan apa itu, peta jalan pajak karbon yang nantinya berlaku dua skema, yakni skema perdagangan karbon (cap and trade) dan skema pajak karbon (cap and tax).

Pada skema perdagangan karbon, entitas yang menghasilkan emisi lebih dari cap diharuskan membeli sertifikat izin emisi (SIE) entitas lain yang emisinya di bawah cap.

PWI dalam sikapnya menegaskan, jangan sampai ada aksi untung korporasi, yang justru hanya oknum kaya, tapi lingkungan tidak malah menjadi baik.

Bagaimana entitas juga dapat membeli sertifikat penurunan emisi (SPE). Atau jika entitas tersebut tidak dapat membeli SIE atau SPE secara penuh atas kelebihan emisi yang dihasilkan, maka berlaku skema cap and tax, yakni sisa emisi yang melebihi cap akan dikenakan pajak karbon.

Pemerintah menurut PWI, jangan gegabah di masa susah saat ini. Efek pandemi covid masih akan terjadi tahun ini.

Halaman:

Editor: Redaksi Kami

Sumber: majalah MATRA

Tags

Terkini

X