• Minggu, 5 Februari 2023

Sejarah Terbentuknya Paspampres, Klik ini

- Senin, 5 Desember 2022 | 01:11 WIB

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) adalah salah satu dari Badan Pelaksana Pusat Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang terdiri dari prajurit pilihan dari berbagai cabang kesatuan khusus dan elit di TNI seperti sari Kostrad, Kopassus, Raider, Marinir, Kopaska, Paskhas dan Polisi Militer

Paspampres adalah pasukan yang bertugas melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat kepada Presiden dan Wakil Presiden, mantan Presiden RI dan mantan Wakil Presiden RI beserta keluarganya, serta tamu negara setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan

Sejarah Terbentuknya Paspampres

Pasukan Pengamanan Presiden atau (PASPAMPRES) lahir spontan bersama dengan Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sama halnya dengan lahir TNI dan Polri.

Ketika kemerdekaan Republik Indonesia diproklamasikan, terlihat keadaan para pemuda pejuang yang memerankan mengamankan Presiden.

Para pemuda yang berasal dari kesatuan tokomu kosaku tai memerankan untuk pengawal pribadi, dan para pemuda ex PETA (Pembela Tanah Air) memerankan untuk pengawal Istana.

Situasi keamanan pada awal kemerdekaan Republik Indonesia sangat memprihatinkan, di beberapa daerah terjadi pertempuran untuk respon atas hasrat penjajah Belanda dengan bantuan tentara sekutu untuk merebut kembali Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketika keselamatan Presiden mulai terancam dengan didudukinya Jakarta oleh Belanda pada tanggal 3 Januari 1946.

Pembentukan Paspampres bermula saat kereta api luar biasa mengevakuasi Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Bung Hatta dari Jakarta menuju Yogyakarta.

Sebagai informasi, saat itu, kondisi politik Indonesia dalam keadaan yang tidak stabil dan sedang dalam fase konsolidasi kekuasaan setelah kemeredekaan.

Halaman:

Editor: Redaksi Kami

Terkini

Jokowi Tegaskan Siap Keluar Dari WTO, Benarkah?

Minggu, 29 Januari 2023 | 06:51 WIB

Mau Berotot? Pegang Aku Aja, repost Majalah MATRA

Sabtu, 28 Januari 2023 | 11:05 WIB
X