• Senin, 17 Januari 2022

Rahasianya Rumah Menengah ke Atas Gunakan Bata Merah

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 06:11 WIB
bata merah
bata merah

HARIANKAMI.com -- Kalau hari ini Anda datang ke sebuah proyek perumahan, maka Anda akan menyaksikan tumpukan material di lokasi pembangunan perumahan itu.

Dengan mudah pula, Anda akan menemukan jenis material apa yang dipakai, paling tidak batu, pasir dan kusen adalah elemen material yang mudah ditangkap mata.

Jikalau proyek yang Anda datangi adalah perumahan menengah ke bawah atau belakangan lebih dikenal dengan rumah bersubsidi. Maka, rumah dengan tipe kecil dan harga lebih rendah, sudah bisa dipastikan Anda akan bertemu dengan "seonggok" tumpukan batako.

Artinya, rumah itu dibangun dengan batako sebagai material pembuat dindingnya.

Berbeda jika datang ke perumahan menengah ke atas bahkan rumah mewah, Anda akan menemukan susunan atau tumpukan batu bata merah.

Bata merah ini yang akan dipergunakan sebagai material pembuat dinding. Hanya ada satu-dua perumahan menengah ke atas yang menggunakan bata ringan atau lasim disebut dengan hebel.

Pertanyaannya, mengapa perumahan yang harganya miliaran rupiah itu menggunakan bata merah sebagai material dinding?

Padahal di saat yang sama, sudah ada produk bata ringan yang dari berbagai macam segi, mulai dari kepraktisan sehingga berdampak pada kecepatan pembangunan, hingga konon penggunaan material ini lebih hemat dari sisi biaya.

Jika kurang yakin, datanglah sesekali ke proyek perumahan yang disebutkan di atas dan saksikan bagaimana kesetiaan mereka menggunakan batu bata merah.

Ini bukan soal setia atau tidak setia kepada bata merah.Namun, secara ilmiah penggunaan bata merah ini memiliki sejumlah alasan yang logis dan rasional.

Halaman:

Editor: Asri Hadi

Terkini

X